Rabu, 19 Desember 2012

Macam-macam IP






1. IP Public
Ip ini kita gunakan saat kita memakai jaringan internet misalnya saat kita browsing internet menggunakan browser. Seperti saat anda membuka google.com, maka anda memanggil google.com untuk ditampilkan di browser anda, nah server google.com akan mengirimkannya ke anda melalui IP Publik yang anda punya. Untuk melihat berapa IP publik di komputer anda klik kamalianime.blogspot.com

2. IP Private
Jika ip public digunakan saat kita menggunakan jaringan internet, ip private digunakan untuk LAN nya. Masih bingung ya ? 
Hm jadi gini, jika komputer anda terhubung disuatu jaringan local area network(LAN), maka anda menggunakan ip private untuk terhubung ke semua perangkat/host/node yang ada di jaringan tersebut, komputer kita dan yang lainnya saling berkomunikasi menggunakan ip private.

3. IP Dynamic
Pernahkah anda mendengar DHCPserver ? Yap, DHCPserver adalah bagian dari jaringan yang digunakan untuk membagikan atau menyebarkan ip secara otomatis ke semua komputer yang terhubung pada jaringan tersebut. Misalnya kita terhubung ke suatu jaringan tanpa kita mengotak-atik ip komputer kita, namun kita sudah terhubung ke jaringan tersebut, nah sebenarnya ip kita sudah diatus oleh DHCPsever sehingga kita tidak mengatur ip kita sendiri dikomputer. Dan ip yang kita dapat dari DHCPserver itu disebut IP Dynamic.

4. IP Static
Ip static adalah berlawana dari ip dynamic, jika ip dynamic kita mendapatkan secara otomatis berkat DHCP, nah ip static itu harus kita setting secara manual di komputer kita untuk terhubung ke suatu jaringan.

0 komentar:

Posting Komentar