Rabu, 09 Mei 2012

cara tulis arab di win xp

Ada banyak cara agar kita bisa menulis dan mengolah ayat-ayat yang ada didalam Al-Qur’an, salah satunya adalah dengan menggunakan komputer. Selain dapat dicetak di atas media lain, tulisan ini pun bisa disimpan sebagai dokumen atau data pada sebuah Web Internet.
Bagi anda pemakai OS Windows, pasti sudah terbiasa mengolah tulisan dengan WordPad, NotePad, atau Microsoft Word. Menulis dengan huruf latin adalah biasa. Tetapi ketika akan menulis dengan huruf Arab, misalnya ayat Al-Qur’an, Hadits Nabi, atau tulisan Arab lainnya, akan muncul kesulitan karena anda belum tahu bagaimana cara menulis atau mengetiknya.
Untuk memudahkan pengetikan, sangat diperlukan keyboard Arabic. Hampir semua toko atau Outlet penjual peralatan komputer menyediakannya dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan keybord biasa. Kalaupun belum sempat membelinya, kita bisa mempergunakan Virtual Keyboard bawaan dari Windows XP yaitu On-Screen Keyboard.
Bagi yang Windows XP-nya belum di install Arabic Languages ( biasanya di atur pada saat install Windows XP ke Hard Disk pertama kali ) jangan kecewa, ada cara lain untuk meng-install-kan Arabic Languages ke komputer anda. Sedikit akan saya beritahukan langkah-langkahnya :

1.     Klik Start kemudian pilih Control Panel dan buka Regional And Language Options pilih Tab Languages dan beri tanda checklist di Install files for complex script and right-to-left languages (includingThai). Akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikelq3qKIU51V77jmG7DAbmGH50ZLgjecXfUaWYKHmKT1vCiFTVdTnxba-fvNWrscKXNRjwGWdmK6hM0wejVMvE-9UMsiKhwnkITWxxCbQRDz6IDIsI0ralKYjWkhkKISxFD9hAhK_cj0/s320/Arabic+Languages+1.JPG

2.     Masukan CD Windows XP SP1/SP2 di CD/DVD ROM anda dan Klik Ok

3.     Setelah proses install selesai, Windows akan meminta restart, klik Ok.

4. Untuk memunculkan On-Screen Keyboard Arabic Languages, Klik lagi Start kemudian pilih Control Panel dan buka Regional And Language Options pilih Tab Languages dan klik Details dan akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRFpV2OknvYV1Gt2BUPCKImxFwfUIxIaHRvMl_52AiGTstSUp3Bj6VK50NkNQHNFEx1NAi638wvatrtokA7VxhOwrdcHdky8Fmwtg5vA_K1W6twlsEus117OObPcuRkvK3WMu788PUjuU/s320/Arabic+Languages+2.JPG

5.     Kalau belum ada tampilan On-Screen Keyboard Arabic (Saudi Arabia) ·Arabic (101) atau 
      ·Arabic (102) seperti gambar diatas, klik Add dan akan tampak seperti gambar dibawah ini :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuPaiUQkyc_vdH09rzxtb2FT1lFyrZmTil2a6X0HxosCfAFRmeHMBZFMEzF5xsIp7uXVB42XHomUWN8Yo9JEesped7CbjZzlnLpi26KKtc6KWSMMSLdUJOsRwVnExsqXOQCBWmVplahkM/s320/Arabic+Languages+3.JPG
     
     Pilih di Input Languages: dengan Arabic (Saudi Arabia) dan Keyboard layout/IME:
     dengan Arabic (101) dan Arabic (102).

6.     Untuk Install dan Settingannya sudah selesai, hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGr-gLRD0Y05C6dzkYyQdYZi-Wp4bPL7UQQOFIs6efhjmYo-RIhp8hLLZcL2mZKVTaCh0lS9pw9sgG5EmjSGoRcpcy8K_EakoOZScODtN0v6SesWcWH9ak-J6sFXBi8Ui0svrAsC7Yy7g/s320/keyboard+virtual.jpg



Tips dan Trick :     
 Untuk menukar mode keyboard dari English (EN) ke Arabic (AR), ada 2 cara :
  • Cara Pertama : Dengan menggunakan Mouse, klik sebelah pojok kiri bawah pada layar monitor, ganti  EN ke AR. Lihat seperti gambar dibawah ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZF1oBdTp025jNclWAnP1lCHTpL12eybpRSVYY7FwReB53X1CFfVoGPP-O5CM1-ghwc1SWK-9oumOYTCg92NpW33PWyvsr0EVj7qAx8EQyXQVCTJMWTi8Y2Fdhl2kvwdpnmk9ryby0o6c/s200/Arabic+Languages.jpg
  • Cara Kedua : Dengan menggunakan Keyboard, tekan dan tahan SHIFT kemudian kombinasikan dengan   ALT ( Tombol ALT ditekan sesuai dengan kebutuhan ), pada saat menekan kombinasi keyboard  tersebut,  di Languages Bar ENIN dan AR akan terlihat bergantian. Setelah terpilih AR  (Arabic) lepaskan tombol ALT.

Jika ingin menambah inisial pemakaian huruf arab, dapat kita pergunakan :
        Fathah SHIFT + Q
        Kasroh SHIFT + A
        Dhomah SHIFT + E
        Fathah Tanwin SHIFT + N
        Kasroh Tanwin SHIFT + S
        Dhomah Tanwin SHIFT + R
        Tasdid SHIFT + ~
        Sukun SHIFT + X




Cara Menulis Arab di Windows XP

Cara Menulis bahasa Arab di Windows XP dengan Software Fontboard.
Apa itu Fontboard ?
Fontboard adalah Software yang akan memudahkan kita dalam menulis Bahasa Arab ( QWERTY ) Sehabis kita menginstal font arabic di windows, susunan bahasa Arab pada keyboard bisa dibilang kacau balau alias acak-acakan. Coba saja ketik A maka yang akan keluar bukan huruf alif.
Oleh karena itu, ketika kita mengetik A muncul alif, B muncul Ba maka Software ini sangat dibutuhkan, Software ini benar-benar mebantu kita dalam membuat dan mengisi materi.
Untuk Software ini Sobat klik aja : www.arabic.web.id
Sebelum sobat menginstal software ini pastikan sobat telah menginstal Font Arabic di windows Sobat.
Caranya adalah :
1. Masukan CD Windows XP
2. Masuk ke Control Panel -
- Date, Time, Language,
- Regional option Language.
setting-regional
- Language => Centang pada kotak Instal files for complex and rigt-to-left language ( including Thai )
- Centang juga Kotak Instal files for East Asian Languages.
arab2
lalu Klik Apply, dan tidak berapa lama akan muncul perintah untuk memasukan CD Program Windows XP, kalo ga minta CD program berarti di Dalam Komputer Sobat Udah ada Master Programnya, kalo dah ada Master Softwarenya sobat tinggal Klik Ok aja.
Kalo proses Instal dah Selesai Sobat merestar Komputernya, karena system minta Komputer di Restart.
Setelah itu, Silakan Instal Software FONTBOARD-nya.
Kemudian Masuk ke Control Panel – Date, Time, Language, and Regional Options – Regional and Language Options. Kemudian pada tab Language, klik Details.
kemudian pada pilihan Keyboard Layout / IME pilih Arabic ASDF ( boleh Eastern dan Boleh Western ). Klik OK !, Selesai deh Perjuangan Kita…..!
arab5
الحمدلله ربالعالمين
Sekarang silakan buka Software atau program Microsoft Office  dan Praktekan. Tapi jangan lupa, Silakan pilih dulu pada language barnya : EN berarti untuk nulis Tulisan Latin dan AR : berarti untuk nulis Tulisan Arab. Oh ya biasanya kalo di Komputer saya mah Language bar tuh ada di Bawah. Selamat mencoba.
Source : http://azzahranet.blogspot.com










[Cara] Agar Bisa Mengetik Arab di Windows XP

23 Sep
Banyak sekali teman yang minta tolong untuk di settingkan atau sekedar minta ajar, agar komputer yang digunakan bisa digunakan untuk mengetik arab. Dari pada mengulang-ulang terus jawaban yang sama ke beberapa teman yang berbeda lebih efisien jika di publis di blog ini.
Sebelum mengistall Language Arabic siapkan CD Windows XP. Jika sudah, silahkan masukan kedalam CD/DVD Room Anda (jika tidak terdapat CD/DVD Room silahkan menggunakan komputer lain yang ada CD/DVD roomnya kemudian Copy Semua File di CD Windows XP dan masukan ke dalam Flash Disk).
Setelah persiapanya sudah mantap, Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :
1. Klik Start – pilih Control Panel klik 2x

2. Di Control Panel, pilih Date, Time, Language, and Regional Options.

3. pilih Regional and Language Options.

4. Pada window Regional and Language Options. pilih Language. Pada bagian Supplemental language support, klik (Cek List) Install files for complex scripts and right-to-left languages. Klik (Cek List) Install files for East Asian Languages.

5. Click Tombol Apply, tunggu beberapasaat karena sedang proses penyalinan file Language Arabicnya. jika sudah selesai penyalinan Klik Tombol OK.
Catatan: Kalo waktu klik Apply diatas, kemudian windows meminta reboot komputer, maka diabaikan aja. Tidak perlu direboot.
6. Langkah selanjutnya yaitu menambahkan Arabicnya. Masih di window Regional and Language Options. Tab Language. pada Text Services and input language Pilih Tombol Details. Maka akan tampak pada gambar di bawah ini, pilih Tab Setting klik tombol Add

7. Pilih Arabic (Saudi Arabia) untuk Input language dan Arabic(101) untuk Keyboard layout/IME. Kemudian klik OK.

8. Kita akan kembali ke halaman Text Services and Input Languages. Pada bagian Preferences klik tombol Key Settings.

Akan tampil pesan berikut, klik Yes.
9. Kemudian akan tampil halaman untuk menentukan tombol yang akan diketik untuk men-switch penulisan bahasa. Ini akan kita pakai untuk men-switch, apakah mau ngetik dalam Latin atau Arab. Jika sesuai dengan gambar dibawah, maka untuk men-switch antara bahasa latin dengan arab, bisa memencet tombol  Alt+Shift.
10. Klik OK sampai keluar Control Panel. Selesai, sekarang anda telah bisa mengetik arab,

NB : Untuk mengganti bahasa latin atau arab, gunakan Alt+Shift atau sesuai dengan yang di pilih waktu mode switch diatas (no.10). Atau kalo bingung, pilih aja dengan menggunakan icon di sudut kanan bawah dekstop windows.

Selamat melanjutkan mengetik kembali, jangan lupa ketikan komen juga… hehe.

1 komentar: